Kamis, 24 September 2009

Indonesian Communication System

Indonesian Communication System
Vivi Daryati ( 2007110901 )
MKT 11-1C
Mr.

Sudirman Park Office Complex
Jl. K.H. Mas Mansyur Kav.35 Jakarta 10220, Indonesia


Latar Belakang
Kita tentunya sudah banyak mengetahui beberapa majalah-majalah pria dewasa yang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat luas.Sebut saja majalah Playboy yang terkenal seluruh dunia dan salah satunya lagi majalah FHM.Dari majalah-majalah pria dewasa tersebut,sering kita temui model-model wanita yang menggunakan pakaian terlalu feminim.Suatu hal yang tidak wajar bagi negara kita,Indonesia yang menganut sebagian besar agama islam dan melarang suatu hal yang di anggap pornografi karena memperlihatkan bagian-bagian tubuh yang mengundang kaum pria menjadi bergairah tinggi.
Contohnya aja salah satu majalah FHM salah satu modelnya Mercy Mercury wanita yang berumur 24 tahun berparas cantik merupakan model majalah FHM. Mercy merupakan wanita yang tidak mempermasalahkan mengenai pose-pose dirinya di majalah pria dewasa yaitu FHM karena hal itu wajar.Selagi ia merasa masih menggunakan pakaian dan mercy sendiri suka akan tantangan baru jadi ia menikmati dengan santai tanpa memperdulikan apa pun komentar orang-orang terhadap tindakannya yang terbilang cukup berani dalam penampilanya di majalah tersebut berikut dengan jawaban mercy yang berterus terang tentang pribadinya sendiri ketika di wawancarai oleh salah satu penulis majalah pria dewasa FHM tersebut.






Permasalahan
Saya ingin mengutip masalah mengenai penggambaran wanita yang menjadi model dalam majalah pria dewasa,FHM.Karena sebagian besar model wanita yang menjadi ikon suatu tema atau topic dalam majalah FHM pria dewasa tersebut,kebanyakan mengenai hal-hal yang tidak lazim untuk di jadikan pembicaraan.Seperti hal-hal yang lebih banyak mengungkapkan sisi yang dianggap negative bagi kebanyakan rakyat Indonesia,yang mengedepankan norma kesusilaan dan kesopanan yaitu sex.
Dalam masalah utama ini,saya akan menyingkap bahwa bagaimana model dalam majalah FHM ini terjatuh ke dalam dunia model dengan pakaian-pakaian yang terbilang sangat minim.Penampilan demikian seharus sudah dapat di mengerti bagi setiap wanita yang menjadi model dalam majala-majalah pria dewasa.
Mengapa ia sangat berani untuk berpose sedemikian rupa dengan mengenakan pakaian minim pada hal dalam beberapa tahun belakangan ini ada salah satu majalah pria dewasa yang di permasalahkan oleh sekelompok masyarakat sehingga majalah pria dewasa tersebut di larang beredar.
Dan yang terakhir adalah untuk mengetahui apa saja yang menjadi topic pembicaraan di dalam sesi foto dalam majalah pria dewasa tersebut yaitu FHM.




Pembahasan
Sebagaimana yang sudah penulis ungkapkan dalam majalah utama bahwa penulis akan membahas bagaimana model dalam majalah FHM ini sampai terjun ke dunia model.Salah satunya model yang bernama Mercy Mercury ini awalnya hanya datang ke sebuah klub malam yang tentunya kita tahu dimana tempat-tempat demikian adalah suatu tempat yang biasa di kunjungin setiap kalangan untuk sekedar mencari kesenangan semata.kebetulan malam itu majalah FHM sedang mengadakan pencarian foto model yang bertemakan “GIRLS NEXT DOOR 2009”.Pada waktu itu Mercy hanya coba-coba mengikuti ajang pemilihan foto model majalah FMH tersebut sampai akhirnya ia muncul sebagai pemenang acara tersebut.
Permasalahan yang kedua yaitu mengapa ia berani untuk berpose sedemikian rupa pada hal sebelumnya banyak yang menentang beredarnya salah satu majalah pria dewasa terkemuka.
Mercy menjawab bahwa apa yang telah ia lakukan sejauh ini selama masih wajar,maka ia tidak akan takut untuk melakukannya.Ia pun melakukan beberapa pose dalam majalah tersebut masih mengenakan pakaian dan tidakseperti model-model majalah pria dewasa di luar negeri yang tidak memakai pakaian sama sekali.Dan ini adalah kebebasan berekspresi yang apabila di kekang maka tidak akan timbul suatu kreatifitas jadi menurut mercy hal ini sangatlah wajar.

Lalu yang terakhir yang menjadi topic pembicaraan di dalam sesi foto majalah FHM tersebut kebanyakan yang di bicarakan mengenai sex.Tidak hanya itu saja,akan tetapi bagaimana mercy menyukai tipe pria idamannya dan mecry mengakui bahwa ia pernah melakukan One Night Stand.













Kesimpulan
Kesimpulannya dari permasalahany yang terdapat dari penggambaran model wanita majalah-majalah pria dewasa tersebut,salah satunya FHM yaitu adalah sebagian besar wanita-wanita yang direkrut menjadi model karena faktor ajang suatu pemenang acara event yang di adakan oleh majalah tersebut mengatakan bahwa bagi mereka berpose sedemikian seksi dengan mengenakan pakaian yang sangat feminim adalah suatu hal yang wajar saja meski pun banyak masyarakat yang menentang hal tersebut.
Namun tidak hanya hal itu saja.Majalah-majalah pria dewasa yang banyak beredar dalam kalangan masyarakat luas dapat merusak citra suatu bangsa dengan menyajikan sesuatu hal yang seharusnya tidak pantas untuk di perlihatkan.Bagaimana pun hal itu dapat di kenakan UU aksi pornografi yang memperlihatkan suatu kemolekan tubuh seorang wanita untuk dijadikan objek para pria dewasa.

Indonesian Economic System

Indonesian Economic System
Prepared by :
Vivi Daryati (2007110901)Marketing 11-1c




Latar Belakang
Pada pertengahan tahun 2008,Dunia diguncangkan oleh krisis ekonomi global.Krisis ekonomi ini tidak hanya dirasakan oleh Negara-negara miskin dan berkembang saja,melainkan negara sebesar Amerikat Serikat yang disebut sebagai negara Adidaya yang sangat maju pun terkena dampaknya.Banyak industri mereka (Amerika Serikat) yang terpaksa harus gulung tikar.
Di Indonesia hal ini berdampak ke dalam sektor perdagangan luar negeri Indonesia,yaitu di tunjukkan dengan nilai ekspor dan import Indonesia ke negara lain yang semakin turun di bandingkan beberapa tahun sebelumnya.Hal ini tentnya sangat mempengaruhi industry di Indonesia.Angka pemutusan hubungan kerja di Indonesia semakin meningkat yang disebabkan oleh perusahaan-perusahaan yang pailit akibat\ terkena dampak krisis ekonomi global.
Dengan melemahnya sector perdagangan luar negeri Indonesia,bila di biarkan terus menerus akan berdampak sangat buruk sekali di dalam perekonomian Indonesia,karena perekonimian suatu negara berhubungan dan dipengaruhi oleh perekonomian negara lain.Hal ini meliputi ekspor dan imort dalam hal barang maupun jasa yang tentunya sangat mempengaruhi perekonomian Indonesia.
Krisis global ini juga berdampak dalam hal inestasi,karena apabila pihak-pihak yang berinvestasi di dalam negeri Indonesia terkena dampak krisis global ini,maka ia tidak akan sanggup lagi untuk berinvestasi dan imbasnya akan terjadi pada para karyawannya yang akan terkena pemutusan hubungan kerja.Indonesia juga akan kesulitan untuk menarik investor-investor yang ingin berinvestasi di Indonesia karena para investor pasti lebih mengutamakan untuk menyehatkan kondisi perusahaannya dari pada berinvestasi di negara lain.
Selain itu nilai minyak mintah dunia yang tadinya melambung tinggi sekali,pada saat ini langsung turun drastis ,begitu juga halnya dengan minyak mentah Indonesia.Nilai minyak mentah Indonesia di dalam pasar dunia semakin turun dari hari ke hari.Pada hal di dalam sektor perdagangan minyak mentah,Indonesia yang dulu termasuk ke dalam anggota OPEC,sangat mengandalkan dalam sektor perdagangan minyak mentah.

Dengan melihat berbagai aspek di atas maka akan tibul beberapa permasalahan yang di timbulkan oleh krisis ekonomi global terhadap perekonomian Indonesia.Indonesia harus membuat kebijakan-kebijakan didalam bidang ekonomi untuk dapat keluar agar setidaknya tidak berdampak sangat buruk terhadap perekonomian Indonesia.
Pasca krisis moneter tahun 1999,perekonomian Indonesia sangat terpuruk.Harga-harga bahan pokok melambung,pengangguran dimana-mana,kejahatan merajalela dan terjadinya huru-hara yang banyak menyesangrakan rakyat.Tentunya kita tidak mau hal ini terjadi untuk kedua kalinya.Maka pemerintah harus tanggap dan memberikan kebijakan yang tepat terhadap penanggulangan krisis ekonomi ini.
Masalah
Perekonomian suatu negara berhubungan dengan dan dipengaruhi oleh perekonomian Negara lain. Hubungan ini meliputi transaksi ekonomi berupa perdagangan barang-barang, jasa-jasa dan sumber-sumber serta transaksi investasi penanaman modal dan transaksi finansial utang-piutang.
Perekonomian Internasional tersebut mempelajari 4 aspek,antara lain sebagai berikut :
I. Perdagangan Internasional
II. Kebijakan Perdagangan Internasional
III. Nilai Valuta Asing
IV. Neraca Pembayaran
Hal ini yang akan mempengaruhi perdagangan Internasional,dengan adanya krisis global maka sedikit banyak akan mempengaruhi aspek-aspek ini.Kita ambil contoh aspek nilai valuta asing dalam perdagangan Internasional yang biasanya dipakai sebagai nilai tukar yaitu mata uang dollar Amerika.Karena dengan krisis ini maka nilai dollar Amerika akan melambung yang mengakibatkan melambungnya harga-harga biaya produksi dan biaya perdagangan dalam perdagangan Internasional itu sendiri.Dengan begitu pastinya akan berdampak kepada produksi dan nilai ekspor-import suatu negara,

Semakin mahal harga dollar Amerika maka semakin menurun ekspor-import negara Indonesia dan berdampak kepada perusahaan-perusahaan dan para karyawan.Inilah yang harus ditemukan pemecahan permasalahan oleh pemerintah Indonesia agar masyarakat Indonesia tidak merasa dirugikan terus menerus.Jika ini tidak terselesaikan,maka akan semakin banyak pula peningkatan kemiskinan di Indonesia akibat krisis perekonomian tersebut.



Description
Setelah sempat mengguncang pasar modal dan valas Indonesia,agaknya krisis keuangan global kini mulai berdampak pada sektor perdagangan luar negeri Indonesia.Hal ini di tunjukkan dengan data yang ada di Bank Pusat Statistik (BPS) pada awal maret 2009 yang menujukkan adanya penurunan ekspor import.
Nilai ekspor Indonesia Januari 2009 mencapai USD 7,15 miliar, turun 17,70 persen dibanding Desember 2008. Sementara jika dibanding Januari 2008 juga mengalami penurunan sebesar 36,08 persen. Nilai ekspor nonmigas pada Januari 2009 mencapai USD 6,21 miliar, turun 16,67 persen dibandingkan dengan Desember 2008, atau turun 30,64 persen dibandingkan dengan Januari 2008.
Menurut sektor, ekspor hasil pertanian periode Januari 2009 turun 8,24 persen, ekspor hasil industri turun 35,52 persen, ekspor tambang dan lainnya juga turun 1,24 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2008.
Nilai impor Indonesia Januari 2009 mencapai USD 6,34 miliar, turun 17,63 persen dibanding Desember 2008. Jika dibandingkan dengan Januari 2008, nilainya turun sebesar USD 3,27 miliar (33,99 persen
Ada beberapa faktor yang menyebabkan turunnya nilai ekspor pada Januari 2009. Pertama, nilai ekspor migas Indonesia turun 23,85 persen. Nilai ekspor migas pada Desember 2008 mencapai USD 1,243 miliar, sedangkan pada Januari 2009 hanya USD 947,1 juta. Turunnya ekspor migas Indonesia dipicu oleh penurunan ekspor minyak mentah sebesar 18,05 persen, ekspor hasil minyak turun sebesar 26,31 persen, dan ekspor gas turun sebesar 27,32 persen.
Data perdagangan juga menunjukkan bahwa harga minyak mentah Indonesia di pasar dunia naik dari USD 38,45 per barel pada Desember 2008 menjadi USD 41,89 per barel pada Januari 2009. Dengan kata lain, menurunnya nilai ekspor minyak dan hasil minyak, lebih disebabkan menurunnya produksi, bukan karena faktor harga. Faktor kedua, adalah anjloknya nilai ekspor nonmigas Indonesia sebesar 16,67 persen. Nilai ekspor nonmigas Indonesia pada Desember 2008 sebesar USD 7,448 miliar merosot menjadi USD 6,206 miliar pada Januari 2009. Jika dilihat dari jenis komoditi, proporsi terbesar penurunan ini disumbangkan oleh kelompok barang bahan bakar mineral, yaitu 15,45 persen. Selanjutnya diikuti oleh mesin/peralatan listrik sebesar 13,58 persen, mesin-mesin/pesawat mekanik sebesar 7,09 persen, karet dan barang dari karet sebesar 6,14 persen, serta lemak dan minyak hewan/nabati sebesar 5,52 persen. Namun berdasarkan kondisi perdagangan yang terjadi selama Januari 2009, perdaganagn luar negeri Indonesia masih surplus sebesar USD 810 juta. Melemahnya kinerja perdangan luar negeri Indonesia dapat dilihat dari berbagai indikator. Dilihat dari negara tujuan ekspor, penurunan terbesar permintaan barang ekspor nonmigas Indonesia berasal dari penurunan permintaan dari Jepang sebesar 17,66 persen. Diikuti penurunan permintaan dari Taiwan sebesar 11 persen, Amerika Serikat (AS) 10,85 persen, Singapura 9 persen, dan Korea Selatan 8,86 persen (BPS 2009). harga minyak mentah Indonesia di pasar dunia naik dari USD 38,45 per barel pada Desember 2008 menjadi USD 41,89 per barel pada Januari 2009. Dengan kata lain, menurunnya nilai ekspor minyak dan hasil minyak, lebih disebabkan karena menurunnya suatu barang produksi, bukan karena faktor harga. Faktor kedua, adalah anjloknya nilai ekspor nonmigas Indonesia sebesar 16,67 persen. Nilai ekspor nonmigas Indonesia pada Desember 2008 sebesar USD 7,448 miliar merosot menjadi USD 6,206 miliar pada Januari 2009. Jika dilihat dari jenis komoditi, proporsi terbesar penurunan ini disumbangkan oleh kelompok barang bahan bakar mineral, yaitu 15,45 persen. Selanjutnya diikuti oleh mesin/peralatan listrik sebesar 13,58 persen, mesin-mesin/pesawat mekanik sebesar 7,09 persen, karet dan barang dari karet sebesar 6,14 persen, serta lemak dan minyak hewan/nabati sebesar 5,52 persen. Namun berdasarkan kondisi perdagangan yang terjadi selama Januari 2009, perdagangan luar negeri Indonesia yang masih saj surplus sebesar USD 810 juta.Di akibatkan karena Melemahnya kinerja perdagangan luar negeri Indonesia dapat dilihat dari berbagai indikator. Dilihat dari negara tujuan ekspor, penurunan terbesar permintaan barang ekspor nonmigas Indonesia berasal dari penurunan permintaan dari Jepang sebesar 17,66 persen. Diikuti penurunan permintaan dari Taiwan sebesar 11 persen, Amerika Serikat (AS) 10,85 persen, Singapura 9 persen, dan Korea Selatan 8,86 persen (BPS 2009).
Data Ekspor Impor Indonesia yang dipublikasikan Departemen perdagangan juga menunjukkan penurunan pada akhir tahun 2008. Misalnya, total ekspor Indonesia turun dari USD 12.818,40 juta pada Juni 2008 menjadi USD 10.789,90 pada Oktober dan turun lagi menjadi USD 9.665,70 pada November 2008. Demikian juga dengan total impor yang turun dari USD 12.110,50 pada Juni 2008 menjadi USD 10.732,50 pada Oktober dan turun lagi menjadi 9.081,40 pada November 2008. Data yang dipublikasikan oleh Departemen Keuangan juga menunjukkan hal yang sama. Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengatakan bahwa selama kurun waktu Januari sampai September 2008, angka ekspor dan impor relatif stabil di angka USD 11,5 miliar dan impor di angka USD 9,5 miliar. Mulai Oktober, dampak krisis global mulai terasa dampaknya pada ekspor dan impor. Pada Januari 2009, penurunan ekspor nonmigas ke Jepang turun sebesar USD 219,3 juta, Taiwan sebesar USD 137,6 juta, Amerika Serikat sebesar USD 134,7 juta, Singapura sebesar USD 112,2 juta, Korea Selatan sebesar 110,0 juta, Malaysia sebesar 74,4 juta, Thailand sebesar USD 19,4 juta, dan Australia sebesar USD 16,7 juta (Tempointeraktif.com, 27/1/2009). Penurunan perdagangan luar negeri Indonesia erat kaitannya dengan krisis ekonomi yang melanda negara-negara tujuan ekspor Indonesia. Misalnya penurunan kinerja ekonomi secara signifikat dialami Amerika Serikat, Eropa, Jepang dan Asia Timur lainnya pada kuartal I - 2009. Di Amerika Serikat, Industrial production turun dari sekitar 77 persen pada tahun 2008 menjadi sekitar 70 persen pada kuartal I-2009, dan capacity utilization turun dari sekitar 80 persen pada tahun 2008 menjadi sekitar 70 persen pada kuartal I-2009. Di Jepang, Industrial production turun dari sekitar 95 persen pada tahun 2008 menjadi sekitar 67 persen pada kuartal I-2009, dan capacity utilization turun dari sekitar 105 persen pada tahun 2008 menjadi sekitar 65 persen pada kuartal I-2009. Pertumbuhan ekspor negara-negara Asia turun dari 20 sampai 40 persen (yoy) pada semester I - 2008 menjadi minus 14 sampai minus 40 persen (yoy) pada awal 2009. Demikian juga halnya dengan pertumbuhan ekonomi negara-negara Asia di penghujung tahun 2008 yang semuanya menurun, bahkan beberapa negara mengalami pertumbuhan ekonomi yang minus seperti Jepang, Singapore, Malaysia dan Thailand (www.bloomberg, 2009). Menghadapi krisis tersebut, hampir seluruh Pemerintah negara di dunia, termasuk Pemerintah Indonesia, sudah mengumumkan paket-paket stimulus ratusan miliar dolar AS untuk menggerakkan perekonomian negaranya masing-masing. Bank-bank sentral juga sudah menurunkan suku bunga acuan untuk mempermudah likuiditas bagi dunia usaha. Namun pengamat ekonomi mengingatkan bahwa stimulus mungkin bisa membantu meminimalkan dampak krisis keuangan, tapi tak berarti persoalan selesai. Masih dibutuhkan langkah-langkah selanjutnya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sampai saat ini, langkah-langkah yang sudah diambil Pemerintah di berbagai negara ternyata belum menunjukkan hasil yang signifikan.

Penyelesaian

Sehubungan dengan terjadinya krisis global dan turunnya kinerja perdagangan luar negeri Indonesia, Presiden SBY menegaskan bawah ekspor tetap perlu tetapi penguatan ekonomi domestik sangatlah penting terutama sebagai pengamanan di dalam negeri jika terjadi gejolak perekonomian global.Dengan kata lain, penguatan ekonomi domestik perlu dilakukan supaya perekonomian lokal tidak terlalu rentan dalam mengatasi krisis perekonomian global, seperti yang sekarang sedang dialami yaitu krisis keuangan global. Jadi intinya adalah ketika dunia mengalami krisis dan ada gonjang-ganjing, kita masih bisa hidup dengan kekuatan ekonomi domestic yang kita miliki sendiri. Selanjutnya, untuk merespon buruknya kinerja ekspor Indonesia, pemerintah melalui Departemen Perdaganagan telah mengeluarkan aturan penyempurnaan mengenai ketentuan ekspor barang yang wajib mengunakan Letter of Credit (L/C). Langkah ini dilakukan pemerintah guna meringankan kesulitan yang dihadapi eksportir kecil dan menengah dalam memenuhi persyaratan L/C. Ada tiga penyempurnaan yang dilakukan. Pertama, penerapan wajib L/C hanya untuk produk pertambangan, timah, dan CPO. Wajib L/C untuk tiga hal itu dikenakan kepada ekspor di atas USD 1 juta mulai 1 April 2009, yaitu kepada eksportir skala besar. Kedua, mengingat nilai ekspor sejumlah komoditi, seperti karet, kakao dan kopi, terus menurun, maka instansi terkait melakukan evaluasi dan persiapan langkah-langkah untuk penerapan wajib L/C dengan penangguhan kewajiban dimaksud sampai 31 Agustus 2009. Ketiga, agar tujuan utama dari pengaturan ini tetap tercapai, yaitu kelancaran arus devisa dari ekspor, maka wajib lapor tetap akan diterapkan untuk semua komoditi yang diatur.


Kamar Dagang Indonesia (Kadin) juga telah menyiapkan dua langkah antisipasi terhadap lesunya pasar ekspor 2009 sebagai dampak krisis global.Langkah pertama adalah memperkuat produk domestik, dan memperketat impor barang konsumsi. Sedangkan langkah kedua, dengan mencari pasar baru. Selain langkah-langkah yang sudah diambil oleh pemerintah, ada juga dua strategi yang dapat diterapkan guna mengatasi turunnya kinerja ekspor Indonesia. Dua strategi tersebut adalah, pertama, mengembangkan sektor manufaktur yang memiliki daya saing tinggi. Kedua, restrukturisasi industri secara terencana menuju industri yang produktivitas dan nilai tambahnya tinggi.

Reference

Entrepreneurship Project Paper

Entrepreneurship Project

Prepared by :

Vivi Dayati (2007110901)
Nurul Fadillah (2007110912)
Marketing 11-1c


Pada hari Sabtu,tanggal 17 Januari 2009 kami mengadakan kunjungan ke pabrik keramik ternama milik FX Widiyanto yang sangat luas terletak di Tanah Baru yang bertempat di daerah depok.Beliau adalah seorang pengerajin keramik yang punya nama besar di kalangan orang-orang pengerajin seni. Mas Widiyanto sudah lama katakana mas widiyanto cukup sukses sehingga mempunyai beberapa cabang toko dan pabrik keramik.Salah satu bukti nyata bahwa mas widiyanto sukses menjalankan usahanya dalam bidang seni keramik yaitu,pabrik pembuatan kerajinan keramik miliknya yang bertempat daerah tanah baru depok yang sangat luas.Tidak hanya terdapat pabrik pembuatan keramik di sana melainkan ada rumah tempat tinggal beliau juga gallery-gallery keramik hasil buatannya sendiri.

Introduction to Sociology


Introduction to Sociology
Oleh :
Vivi Daryati (2007110901)
Marketing 11-1c



I. Membuat pertanyaan analisa dan solusi mengenai sosiologi dan interaksi dari buku Soerjono Soekanto

1. Apa yang di maksud dengan proses sosiologi ?
Jawab : Cara-cara berhubungan yang di lihat apabila orang perorangan dan kelompok-kelompok social saling bertemu dan menentukan system serta bentuk-bentuk hubungan tersebut,atau apa yang akan terjadi apabila ada perubahan yang menyebabkan goyahnya pola-pola kehidupan yang telah ada.

2. Apa yang di maksud dengan interaksi social ?
Jawab : Dasar proses-proses social,yang menunjuk kepada hubungan-hubungan social yang dinamis

3. Bagaimana berlansungnya suatu proses interaksi ?
Jawab : faktor imitasi,faktor sugesti,faktor identifikasi dan simpati

4. Jelaskan factor Imitasi itu apa dari segi positif mau pun negative ?
Jawab : Positif adalah imitasi dapat mendorong seseorang untuk mematuhi kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku.sedangkan dari segi negative adalah hal yang dapat di tiru tindakan-tindakan menyimpang imitasi juga dapat melemahkan atau bahkan mematikan pengembangan daya kreasi seseorang.

5. Bagaimana suatu faktor sugesti berlangsung ?
Jawab : Apabila seseorang member suatu pandangan atau suatu sikap yang berasal dari dirinya yang kemudian di terima oleh pihak lain.Jika pihak yang menerima dilanda oleh emosi,hal sama menghambat daya berpikir yang secara rasional.

6. Apa saja yang menjadi syarat-syarat terjadinya suatu interaksi social ?
Jawab : Adanya kontak social (social-contact)
Adanya komunikasi
7. Bagaimana cara kontak social dapat berlangsung ?
Jawab : kontak sosial berlangsung dalam 3 bentuk,yaitu : antara orang perorangan,antara orang perorangan dengan suatu kelompok manusia,antara suatu kelompok manusia dengan kelompok manusia.

8. Jelaskan perihal yang di maksud dengan jawaban nomor 8 !
Jawab : antara orang perorangan,misalnya apabila anak kecil mempelajari kebiasaan-kebiasaan dalam keluarganya.Proses demikian terjadi melalui sosialisasi (socialization) suatu proses dimana anggota masyarakat yang baru mempelajari norma-norma dan nilai-nilai masyarakat dimana dia menjadi anggota.
antara orang perorangan dengan suatu kelompok manusia,misalnya apabila seseorang merasakan bahwa tindakannya berlawanan dengan norma-norma masyarakat,atau apabila suatu partai politik memaksa anggota-anggoanya untuk menyesuaikan diri dengan ideology dan programnya.
Antara suatu kelompok manusia dengan kelompok manusia lainnya,misalnys seumpama ada dua partai politik yang mengadakan kerja sama untuk mengalahkan politik yang ketiga di dalam pemilihan umum.

9. Sebutkan ada 2 sifat bentuk dari kontak sosial,jelaskan !
Jawab : bersifat positif dan negative.kalau dari segi positifnya dapat mengarahkan pada suatu kerja sama.sedangkan negatifnya mengarah suatu pertentangan bahkan sama sekali tidak dapat menghasilkan suatu interaksi sosial.

10. Apa yang di maksud dengan komunikasi ?
Jawab : Komunikasi adalah seseorang memberikan tafsiran atau menerjemaahkan pada perilaku orang lain,perasaan-perasaan apa yang ingin di sampaikan oleh orang tersebut.

11. Sebutkan bentuk-bentuk interaksi sosial !
Jawab : kerja sama (cooperation),pertentangan atau pertikaian (conflict),persaiangan (sompetition)
12. Apa yang di maksud pengertian akomodasi ?
Jawab : akomodasi menunjuk pada suatu keadaan yang berarti adanya suatu keseimbangan (equilibrium) dan dalam interaksi antara orang-orang perorangan atau kelompok-kelompok manusia dalam kaitannya dengan norma-norma sosial dan nilai-nilai sosial yang berlaku di dalam masyarakat.Sebagai proses akomodasi menunjuk pada usaha-usaha manusia untuk meredakan suatu pertentangan untuk mencapai kestabilan.

13. Apa tujuan dari akomodasi ?
Jawab : 1.Mengurangi pertentangan antara orang perorangan atau kelompok
manusia sebagai akibat perbedaan paham
2. Mencegah meledaknya suatu pertentangan untuk sementara waktu
3. Untuk memungkinkan terjadi kerja sama antara kelompok yang terpisah
akibat faktor sosial psikologis dan kebudayaan
4. Mengusahakan peleburan antara kelompok yang terpisah

14. Sebutkan bentuk-bentuk dari akomodasi !
Jawab :
- Coercion = akomodasi prosesnya karena ada paksaan.misal perbudakan.
- Compromise = akomodasi dimana pihak-pihak yang terlibat saling mengurangi tuntutannya agar tercapai suatu peyelesaian terhadap perselisihan yang ada.misal traktat.
- Arbitration = Untuk mencapai compromise apabila pihak-pihak yang berhadapan tidak sanggup mencapainya sendiri.pertentangan.
- Mediation = Menyerupai arbitration,diundangkanlah pihak ketiga yang netral dalam soal perselisihan yang ada.
- Conciliation = Suatu usaha untuk mempertemukan keinginan-keinginan dari pihak-pihak yang berselisih demi tercapainya suatu persetujuan bersama.
- Toleration = Disebut juga tolerant participation.akomodasi tanpa persetujuan yang formal bentuknya

15. Apa yang di maksud assimilasi?
Jawab : Suatu proses sosial dalam taraf kelanjutan,yang ditandai dengan adanya usaha-usaha mengurangi perbedaan-perbedaan yang terdapat antara individu atau kelompok dan juga meliputi usaha-usaha untuk mempertinggi kesatuan tindak,sikap dan proses-proses mental dengan memperhatikan kepentingan-kepentingan dan tujuan-tujuan bersama.

16. Apa saja yang menyebabkan timbulnya proses assimilasi ?
Jawab : 1.Kelompok-kelompok manusia yang berbeda kebudayaannya
2.Orang perorangan sebagai warga kelompok,saling bergaul secara
langsung dan intensif untuk waktu yang lama
3.Kebudayaan-kebudayaan dari kelompok-kelompok manusia tersebut
masing-masing berubah dan saling menyesuaikan diri.

17. Apa saja faktor-faktor yang mempermudah terjadinya suatu assimilasi ?
Jawab : 1.Toleransi
2. Kesempatan-kesempatan yang seimbang di bidang ekonomi
3. Sikap menghargai orang asing dan kebudayaannya
4. Sikap terbuka dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat
5. Persamaan dalam unsure-unsur kebudayaan
6. Perkawinan campuran (amalgamation)
7. Adanya musuh bersama dari luar

18. Sebutkan factor umum penghalang suatu assimilasi !
Jawab : 1). Terisolasi kehidupan suatu golongan tertentu dalam masyarakat
2). Kurangnya pengetahuan
3). Perasaan takut terhadap kekuatan suatu kebudayaan yang di hadapi
4). Perbedaan warna kulit dan perbedaan cirri-ciri badaniah
5). I group feeling yang kuat (suatu perasaan yang kuat bahwa individu
Terikat pada kelompok dan kebudayaan kelompok yang bersengkutan)
6). Golongan minoritas mengalami gangguan-gangguan dari golongan
yang berkuasa.
19. Apa yang di maksud persaingan (competition) ?
Jawab : Suatu proses sosial,dimana individu atau kelompok yang bersaing,
mencari keuntungan melalui bidang-bidang kehidupan yang pada suatu masa
menjadi pusat perhatian umum dengan cara menarik perhatian tanpa memper
gunakan kekerasan atau ancaman

20. Sebutkan bentuk-bentuk dari persaingan !
Jawab : 1. Persaingan ekonomi
2. Persaingan kebudayaan
3. Persaingan untuk mencapai suatau kedudukan dan peranan
yang tertentu dalam masyarakat
4. Persaingan karena perbedaan ras

21. Sebutkan fungsi-fungsi dari persaingan itu apa saja !
Jawab : 1. Untuk menyalurkan keinginan-keinginan yang bersifat kompetitif
2. Sebagai jalan dimana keinginan,kepentingan serta nilai-nilai
yang pada suatu masa menjadi pusat perhatian yang tersalurkan
3. Sebagai alat untuk mengadakan seleksi atas dasar seks dan
seleksi sosial

22. Bagaimana hasil dari suatu persaingan tersebut ?
Jawab : 1.Perubahan kepribadian seseorang
2.Kemajuan
3.Solidaritas kelompok
4.Disorganisasi

23. Apa yang di maksud dengan pertikaian (comflict) ?
Jawab : Suatu proses dimana indivudu atau kelompok berusaha memenuhi
tujuannya dengan jalan menantang pihak lawan dengan ancaman
atau kekerasan.
24. Sebutkan sebab pertikaian !
Jawab : !.Perbedaan antara individu-individu.Perbedaan yang ditimbulkan oleh
pendirian dan perasaan seseorang yang mungkin akan menimbul
kan bentrokan antara orang perorangan atau kelompok
2.Perbedaan kebudayaan
3.Perbedaan kepentingan
4.Perubahan sosial yang berlangsung dengan cepat untuk sementara
waktu akan mengubah nilai-nilai yang ada dalam masyarakat

25. Sebutkan beberapa bentuk khusu dari pertentangan itu sendiri apa!
Jawab : a).Pertentangan pribadi
b).Pertentangan rasial
c).Pertentangan antara kelas-kelas sosial
d).Pertentangan politik
e).Pertentangan yang bersifat internasional














II. Essai “ PemiLu Legislatif ”

Sepanjang sejarah Republik Indonesia pemilihan umum pemilu yang berlangsung selama 9 kali pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD pada tahun 1955, 1971, 1977, 1982, 1987, 1992, 1997, 1999, dan 2004 (pemilu anggota DPD pertama)
Pemilu pertama dilangsungkan pada tahun 1955 dan bertujuan untuk memilih anggota-anggota DPR dan Konstituante.Pemilihan umum pemilu pada tahun 1955 telah dipersiapkan oleh pemerintahan Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo,namun kepemimpinan tersebut tidak berlangsung lama.Oleh karena itu pada saat terjadi pemungutan suara,kepala pemerintahan telah diembil alihkan oleh Perdana Menteri Burhanuddin Harahap.
Ketika pemilu diselenggarakan pada 5 juli 1975,jaman waktu itu adalah masa orde baru.Pemilu pertama pada orde baru diikuti satu pada tahun 1975 melalui UU no 3 tahun 1975 mengenai Partai Politik dan Golkar telah mengadakan fusi penggabungan partai-partai politik hingga menjadi dua partai politik (yaitu Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Demokrasi Indonesia) dan satu Golongan Karya partai politik.
Pemilihan umum pemilu tersebut diselenggarakan pada orde baru dari tahun 1977,1982, 1987, 1992, dan 1997 dibawah kepemimpinan Alm.Bapak Presiden Soeharto ketika kala itu beliau masih menjabat sebagai presiden.Berikutnya pemilu pertama kali diselengarakan setelah runtuhnya masa orde baru di bawah kepemimpinan Presiden BJ Habibie yang telah diikuti oleh 48 partai

Untuk pemilihan umum pemilu tahun 2009 ini diselenggarakan secara serentak pada tanggal 9 April yang jatuh hari Kamis untuk memilih 560 anggota DPR,132 DPD,serta anggota DPRD Provinsi maupun Kabupaten atau kota se-Indonesia periode 2009-2014.
Suatu Pemilihan Umum Anggota DPR akan dilaksanakan dengan system proposional terbuka,dengan jumlah peserta pemilu adalah partai politik.Sedangkan Pemilihan Umum Anggota DPD akan dilaksanakan dengan system distrik berwakil banyak,dengan peserta pemilu adalah perorangan.
Dalam pelaksanaan pemilihan umum pemilu pasti ada yang menang dan ada yang kalah.Seringkali banyak pihak yang kalah tidak dapat menerima kekalahan dengan lapang dada.Sehingga dia akan menggerakan massanya untuk mendatangi KPU setempat.Hal ini membuktikan sangat rendahnya kesadaran politik masyarakat.Dari KPU sendiri sebelum melaksanakan pemilihan umum,sering kali melakukan ikrar siap menang dan siap kalah.Namun tetap saja timbul masalah-masalah yang terjadi akibat ketidakpuasaan mereka yang kalah dalam pemilihan umum.

Solusi dari pemilihan umum adalah kita harus menjaga pemilihan tahun 2009 ini berjalan baik,damai dan jujur.Untuk mencapai pemilu yang damai dan jujur harus ada dukungan dari segala pihak dan tentunya kita sendiri sebagai rakyat Indonesia dalam mengawasi jalannya pemilu tersebut.Bagi para pihak yang menjadi calon legislative diharapkan untuk bertindak jujur dalam pekerjaannya apabila terpilih nanti dan jangan menyelewengkan kepercayaan yang telah diberikan rakyat kepadanya.Oleh karena itu dengan pemilu legislative ni kita semua sebagai rakyat Indonesia bertanggung jawab atas masa depan bangsa kita sendiri untuk lebih maju dan dapat sejajar dengan para Negara maju lainnya.






tugas cultural anthropology


Final Test
Cultral Anthropology
“ Kebudayaan Minangkabau“
Oleh :
Vivi Daryati
Marketing 11-1c

KATA PENGANTAR
Pertama-tama sebelumnya saya Vivi Daryati ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kami telah diberikan kesempatan untuk membuat makalah final test mata kuliah Cultural Anthropology.Melalui mata kuliah ini,saya pada akhirnya pun dapat menyelesaikan makalah final test ini sehingga tidak hanya saja nilai yang saya peroleh,akan tetapi asaya juga dapat mengerti dengan baik mengenai materi makalah final test yang saya buat.
Makalah ini berisikan banyak hal mengenai tentang Kebudayaan Sunda di Indonesia.Di sini saya juga akan membahas dari sisi anthropology budaya.Ada pun hal-hal yang menjadi poin penting adalah bagaimana caranya agar budaya di Indonesia dapat terus di tingkatkan tanpa perlu menghilangkan budaya yang sudah ada.
Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu Tutik Dwi Winarni,dosen pembimbing kami dalam mata kuliah ini.Pada kesempatan ini kami dapat memperdalam pengetahuan kami seputar Cultural Anthropology dengan lebih spesifik pada topic “Kebudayaan Minangkabau di Indonesia.Melalui makalah ini saya menjadi lebih mengerti betapa pentingnya kebudayaan kita.
Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu proses kelancaran pembuatan makalah ini sehingga dapat selesai pada waktunya.Saya sebelumnya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat penulisan nama atau kaa-kata yang salah.
Seperti kata pepatah “Tidak Ada Manusia Yang Sempurna”,meskipun saya telah berupaya untuk menyelesaikan makalah ini dengan sebaik mungkin,saya tetaplah manusia yang tidak luput dari kesalahan. Tetapi jauh dari itu saya telah membuat makalah ini dengan semaksimal mungkin. Apabila makalah ini jauh dari kesempurnaan,saya selalu bersedia meneirma segala kritik maupun saran yang bertujuan baik bagi kami sebagai intopeksi diri.
Jakarta Januari 2009

Penulis










DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………………………………………….

DAFTAR ISI…………………………………………………….
BAB 1. PENDAHULUAN………………………………........
1.1. LATAR BELAKANG PENULISAN …………….
1.2. RUMUSAN MASALAH…………………………...
1.3. TUJUAN PENULISAN MAKALAH………………

BAB 2. KERANGKA TEORETIS………………………….
1.1. DEFINISI ANTROPOLOGI……………………..
1.2. DEFINISI KEBUDAYAAN………………………
1.3. DEFINISI KONSEPTUAL KEBUDAYAAN……
1.4. DEFINISI OPERASIONAL KEBUDAYAAN…..

BAB 3. MASALAH KEBUDAYAAN MINANGKABAU DI
INDONESIA………………………………………..
BAB 4. PENUTUP……………………………………….....
4.1. KESIMPULAN…………………………………….
4.2. SARAN…………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA………………………………………….



BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Indonesia adalah sebuah bangsa besar yang sarat dengan bermacam-macam kebudayaan.Puluhan bahkan ratusan budaya yang berbeda karakteristik tersebut tersebar di seluruh pulau-pula di Nusantara Indonesia mulai dari bahasa,kesenian daerah,adat istiadat,nilai dan norma,dan benda budaya lainnya.Keanekaragaman tersebut merupakan kekayaan dan kebangaan bagi bangsa ini.Itulah sebabnya mengapa bangsa Indonesia memiliki semboyan “Bhinneka Tungal Ika” yang berarti berbeda-beda tetap satu jua.Hal tersebut telah menjadi identitas bangsa ini.
Kebudayaan Minangkabau adalah salah satu kebudayaan Indonesia dari 33 propinsi yang dimana banyak suku bangsa kebudayaan dalam beraneka ragam kesenian,adat istiadat,bahasa,dan lain-lain.Minangkabau sangat terkenal dengan masakan khasnya.Di Jakarta banyak sekali rumah makan padang yang cukup meluas di setiap wilayah Jakarta.Tidak hanya itu saja,kesenian khas dari daerah Sumatera Barat ini juga cukup di kenal oleh semua masyarakat,seperti contohnya saja tari piring.Selain itu daerah minangkabau khusus bentuk desanya disebut nagari yang dalam bahasa minangkabau terdiri dari 2 bagian utama,yaitu daerah nagari dan daerah taratak.Nagari ialah daerah.kediaman utama dan dianggap sebagai pusat sebuah desa.Berbeda dengan halnya taratak yang dianggap sebagai daerah hutan dan ladang
Budaya dalam arti sempit adalah adat istiadat,kepercayaan dan seni.sedangkan budaya dalam arti luas melingkupi segala perbuatan manusia.Semua pengertian budaya yang pernah dikemukakan tersebut mengandung pengertian bahwa budaya merupakan sesuatu yang secara sadar dipelajari dan diwariskan.Berbeda dengan hal-hal yang dapat diperoleh berdasarkan naluri.Untuk menciptakan dan mengembangkan budaya diperlukan intervensi aktif manusia untuk mengolah yang disediakan baginya dalam alam sekitarnya.
Kutipan di atas memperlihatkan kepada kita bahwa menghadapi budaya Indonesia yang tradisional yang juga dianggapnya sebagai budaya ekspresif.Kekalahan bangsa Indonesia melawan Belanda adalah kekalahan budaya ekspresif melawan budaya progresif.Adalah mentalitas bangsa Indonesia yang merupakan produk budayaannya yang ekspresif tersebut yang membuat bangsa Indonesia dijajah oleh bangsa Belanda.

1.2 Perumusan Masalah
Apa saja yang terdapat dalam kebudayaan Minangkabau?
1.3 Tujuan Penulisan Makalah
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa unsure kesenian Minangkabau yang terdiri dari 7 unsur kebudayaan universal.yaitu untuk mengetahui dan menganalisa :
1.3.1. Sistem Bahasa Minang
1.3.2. Sistem Teknologi dan Alat Produksi
1.3.3. Sistem Mata Pencaharian
1.3.4. Organisasi Sosial
1.3.5. Sistem Pengetahuan
1.3.6 Sistem Religi
1.3.7. Kesenian Minangkabau







BAB 2
KERANGKA TEORITIS

2.1. Definisi Antropologi
Pengertian Antropologi
Antropologi adalah salah satu cabang ilmu social yang mempelajari tentang budaya masyarakatsuatu etnis baru.Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik,adat istiadat,budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa.

2.1.1. Definisi Etimologis Antropologi
Antropologi beasal dari kata Yunani (dibaca:anthropos) yang beararti “manusia” atau “orang” dan logos yang berarti ilmu.Antropologi mempelajari manusia sebagai makhluk biologis sekaligus makhluk social.
2.1.2 Definisi Konseptual Antropologi
Lima di antara banyak ahli mendefinisikan antropologi sebagai berikut :
1. William A.Haviland
Antropologi adalah studi tentang umat manusia,berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.


2. David Hunter
Antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia.
3. Koentjaraningrat
Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna,bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.

4. Ralfh L Beals & Harry Hoijen : 1954 : 2
Antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia dan semua apa yang di kerjakannya.
5. E.B.Taylor
Kebudayaan adalah komplek yang mencakup pengetahuan,kepercayaan,kesenian,
moral hokum,adat istiadat,dan kemampuan lainnya serta kebiasaan-kebiasaan
yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.


2.1.3 Definisi Operasional Antropologi
Dari 5 (lima) definisi para ahli d atas,saya menyimpulkan bahwa antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia serta segala sesuatu yang bersangkutan dengan manusia,antara lain norma-norma,nilai,bentuk masyarakat dan agama.



2.1.4 Instrumen Variabel Teori Antropologi

Variabel
Dimensi
Indikator
A
N
T
T
H
R
O

P
O
L
O
G
Y
Norma




Nilai – nilai





Agama









1. Norma Agama
2. Norma Kebudayaan
3. Norma Kesopanan
4. Norma Sosial
5. Norma Hukum

1. Nilai Material
2. Nilai Vital
3. Nilai Keindahan
4. Nilai Kebenaran
5. Nilai Moral
6. Nilai Agama

1. Agama Islam
2. Agama Kristen
3. Agama Hindu
4. Agama Budha
5. Agama Katolik




1. makhluk social
2. makhluk biologis
3. berakal budi
4. berusaha
5. beradaptasi
6. memiliki nilai – nilai
7. regenerasi

1. terikat norma
2. mempunyai hak dan kewajiban
3. bergaul
4. memetuhi hukum
5. berkerja sama
6. membagi nilai – nilai






2.2. Definisi Kebudayaan
2.2.1. Definisi Etimologis Kebudayaan
Kata kebudayaan berasal dari kata buddayah dalam nahasa Sansekerta,yaitu bentuk jamak dr buddhi yang berarti budi ata akal..Dengan ini kebudayaan dapat dikatakan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan akal.Baik pula diketahui kata culture yaitu bahasa yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai kebudayaan,berasal dari bahasa Latin yaitu kata colere,yang artinya mengolah atau mengerjakan.
2.2.2. Definisi Konseptual Kebudayaan
Lima di antara banyak ahli mendefinisikan kebudayaan sebagi berikut :
1.Edward B.Taylor (1871)
Kebudayaan merupakan keseluruhan cara hidup masyarakat.Ia merangkumi cara hidup yang termasuk ilmu pengetahuan,kepercayaan seni,undang-undang,moral dan adat istiadat yang biasanya dipelajari oleh manusia sebagai seorang anggota di dalam lingkup masyarakat.
2.Selo Soemardjan & Soelaiman Soemardi
Kebudayaan adalah sarana hasil karya,rasa,dan cpta masyarakat yang perlu kita hormati.
3.Herskovits
Ia memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain,kemudian hal tersebut disebut sebagai superorganic
4.Andreas Eppink
Kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian,nilai,norma,ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial,religious,dan lain-lain,tambahkan lagi segala pernyataan intelektual dan artisik yang menjadi cirri khas suatu masyarakat.
5.Bronisiaw Malinowski
Ia mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu tersendiri.
2.2.2. Definisi Operasional Kebudayaan
Dari 5 (Lima) definisi para ahli di atas,kelompok kami menyimpulkan bahwa kebudayaan adalah sarana yang digunakan oleh masyarakat termasuk sudut pandang,ilmu pengetahuan,seni,bahasa,dan sebagainya yang diciptakan masyarakat itu sendiri untuk berhubungan atau berkomunikasi dengan masyarakat lainnya.









2.2.4. Instrumen Variabel Teori Kebudayaan
Variabel Konsep

Dimensi
Indikator

K
E
B
U
1.Ilmu Pengetahuan



1. Ilmu Pengetahuan Alam
2. lmu pengetahuan Sosial
3. Agama
4. Kewarganegaraan
5.Geografi
D
A
Y
A
2.Seni


1. Seni Musik
2. Seni Tari
3. Seni Rupa
4. Seni Pahat

A
N
3.Bahasa
1. Bahasa Sunda
2. Bahasa Melayu
3. Bahasa Jawa
4. Bahasa Minang
5. Bahasa Madura


BAB III
ANALISIS PEMBAHASAN
Keberadaan budaya minangkabau,mulai dari kesenian tradisional dalam berbagai bentuk tari-tarian,nyanyian,music,dan sebagainya,merupak asset wisata yang eksotik.Sudah sepatutnya kita sebagai warga negara yang baik,kita harus melestarikan budaya-budaya nasional yang ada,dan mengembangkan kebudayan-kebudayaan nasional yang ada dengan menjaga baik kebudayaan tersebut.Kesenian kebudayaan Minangkabau yang sangat terkenal adalah rumah adatnya yang disebut dengan rumah gadang.Tidak hanya itu,tari piring,tarian angin,seni topeng,juga beberapa makan khas daerah minangkabau.
Dorce gamalama, salah seorang artis generasi senior yang berasal dari daerah Minangkabau(Sumatera Barat) yang membudidayakan kesenian tradisional Minangkabau, mengungkapkan bahwa saat ini kesenian yang digelutinya tak sepopuler tahun 1980an saat keemasan karirnya. Kendalanya, selain besarnya pengaruh globalisasi, generasi muda Minangkabau juga sangat sedikit yang mau mempelajari sekaligus meneruskan kesenian tradisi mereka.Dorce telah membuktikan kecintaannya kepada suku Minangkabau asal daerahnya,dorce pun membuat kebagian rumahnya yang di bangun merupai rumah gadang.
Kita sebagai generasi muda di masa mendatang,marilah kita bersama-sama melestarikan kebudayaan kita dengan sebaik-baiknya agar kebudayaan yang ada tidak punah.Kebudayaan yang kita miliki saat ini adalah suatu berkah yang tidak ternilai.




3.1. Unsur Bahasa Minangkabau
Minangkabau menggunak suatu bahasa yang sama,yang disebut sebagai bahasa Minangkabau,sebuah bahasa yang erat berhubungan dengan bahasa Melayu.Menurut penelitian ilmu bahasa,bahasa Minangkabau boleh merupakan bahasa tersendiri,tetapi boleh juga dianggap sebagai sebuah dialek saja dari bahasa Melayu.Kata-kata dalam bahasa Melayu umunya dapat dicarikan kesamaannya dalam bahasa Minangkabau dengan jalan merubah bunyi-bunyi tertentu saja.Seperti contoh-contoh berikut ini : jua –jual,taba’-tebal,lapa-lapar,saba-sabar,takuik-takut,sabuik-sabut,alui-halus,apui-hapus.Di samping itu banyak kata-kata yang sama betul Bahsa Melayu dengan Minangkabau.
3.2. Sistem Teknologi dan Alat Produksi
Sebagian orang Minangkabau hidup dari tanah.Di daerah yang subur dengan cukup air tersedia,kebanyakan orang mengusahakan sawah,sedangkan pada daerah subur yang tinggi banyak orang menanam sayur mayor untuk perdagangan,sebagai kubis,tomat dan sebagainya.Pada daerah-daerah yang tidak begitu subur,kebanyakan penduduknya hidup dari tanaman-tanaman seperti pisang,ubi kayu dan sebagainya.
Di samping hidup dari pertanian,penduduk yang diam di pinggir laut atau di pinggir danau-danau juga dapat hidup dari hasil penangkapan ikan,akan tetapi kebanyakan bagi kereka penangkapan ikan adalah mata pencahaian sambilan saja.
Selain dari pertanian ada juga yang hidup dari kerajinan tanganDi antaranya yang telah melampaui batas kedaerahan ialah kerajinan perak bakar dari Koto Gadang,sebuah desa dekat Bukit-tinggi dan pembuatan kain songket dari Silungkang,sebuah desa dekat Sawah Lunto.
Industri kecil tidak begitu berkembang dan yang kelihatan ialah industry kecil tekstil yang berpusat pada dua daerah yaitu Silungkang dan Kubang,sebuah desa dekat Payukumbuh.

3.3 Sistem Mata Pencaharian
Di samping hidup dari pertanian,penduduk yang diam di pinggir laut atau di pinggir danau-danau juga dapat hidup dari hasil penangkapan ikan,akan tetapi kebanyakan bagi kereka penangkapan ikan adalah mata pencahaian sambilan saja
Ada beberapa hal yang menyebabkan banyak orang Minangkabau kemudian meninggalkan sector pertanian.Ada yang disebabkan karena tak ada tanah pertanian yang memberikan cukup hasil,ada yang disebabkan karena kesadaran bahwa dengan pertanian mereka tidak mungkin bisa kaya.Mereka ini biasanya lari ke sektor perdagangan,ada juga di antara kereka yang karena pendidikan mereka telah tidak mau kembali ke pertanian lagi,dan menjadi pegawai yang makan gaji.Mereka yang menjadi pedagang biasanya memilih di antar tiga lapangan pekerjaan yaitu bidang tekstil,kelontong dan rumah makan.
3.4 Organisasi Sosial
Garis keturunan dalam masyarakat Minangkabau diperhitungkan menurut garis matrilineal.Seorang termasuk keluarga ibunya dan bukan keluarga ayahnya.Kesatuan keluarga yang terkecil atas dasar prinsip yang telah ada dalam silsilah adat Minangkabau itu sendiri adalah paruik (perut).Dalam sebagian masyarakat Minangkabau kesatuan kampueng yang memisahkan paruik dengan suku sebagai kesatuan kekerabatn.Dari beberapa macam jenis kesatuan kekerabatan tersebut,paruik yang betul-betul dapat dikatakan kesatuan yang benar-benar bersifat genealogis.
Pada intinya dalam suku Minangkabau,cara mereka menjaga hubungan kekerabatan yang baik adalah dengan menikah dalam satu suku yang sama.Tujuannya agar keturunan mereka tidak jauh dari hubungan kekeluargaan Minangkabau juga.



3.5 Sistem Pengetahuan
Pengertian antropologi secara pengetahuan adalah bagaimana cara kita menyikapi suatu masalah perbedaan yang ada dengan saling menghargai,menghormati juga menjga suatu hubungan yang baik meski berbeda keyakian,kepercayaan juga suku kebudayaan daerah.
3.6 Religi
Kalau ada seorang minangkaabau yang tidak menganut agama islam maka itu adalah suatu keganjilan yang mengherankan,walaupun kebanyakan orang dari orang minangkabau menganut agama secara nominal,tanpa melakukan ibadahnya.Mereka boleh dikatakan tidak mengenal unsure-unsur kepercayaan lain kecuali apa yang diajarkan agama islam.Mereka hanya percaya Tuhan sebagai yang diajarkan islam.Ada juga masyarakat minangkabau yang mempercayai ada kekuatan gaib.Mereka misalnya percaya dengan puntianak atau palasik,ialah orang-orang perempuan atau laki-laki yang menghisap darah bayi dengan cara menhirup ubun-ubun bayi yang baru berusia beberapa bulan dari kejauhan atau sabagainya.
Upacara kitan dan katam,mengaji Qur’an,juga diadakan dulu di beberapa daerah di Minangkabau,berhubungan dengan peringatan masa-masa peralihan dalam lingkaran hidup individu,seperti upacara turun tanah atau turun mandi (menyentuh bayi dengan tanah untuk pertama kali),dan upacara kekah (memotong rambut bayi untukpertama kali).
3.7 Kesenian Minangkabau
Kesenian khas Minangkabau ialah tarian piring yang cukup di kenal di dearah Minangkabau dan beberapa budaya lainnya.Ada juga alat music keseniannya yang hampir sama dengan alat music keseniannya dengan daerah jogja,yaitu gamelan dan sebagainya.




BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
Dari makalah yang telah saya buat, saya mendapatkan beberapa kesimpulan, yaitu: kebudayaan ini semakin lama semakin berkembang, perkembangan tersebut di pengaruhi oleh kebudayaan-kebudayaan barat. Kebudayaan Minangkabau semakin lama semakin diterima oleh masyarakat luas dan kebudayaan tersebut semakin dikenal oleh bangsa lain. Kebudayaan yang semakin dikenal antara lain adalah tari piring,seni topeng, makanan padang, baju , dan kepercayaan sebagian dari beberapa masyarakat Minangkabau yang masih percaya dengan hal-hal gaib.
4.2 Saran
Saran yang dapat kami berikan adalah agar masyarakat keturunan mampu menajaga kebudayaan yang ada dari jaman dahulu selain itu diharapkan juga agar dapat melestarikan kebudayaan yang dimilik agar tidak hilang oleh seiring berjalanannya waktu. Kita harus mampu menghargai kebudayaan yang ada karena kebudayaan tersebut kita di kenal oleh masyarakat lainnya. Kita harus mampu membuat kebudayaan kita semakin di terima oleh orang lain dan orang lain tidak melihat rendah terhadap budaya yang kita miliki. Kebudayaan yang dimiliki harus mampu menjaga hubungan antar anggota masyarakat yang satu dengan yang lainnya.




DAFTAR PUSTAKA
id.wikipedia.org

http://id.wikipedia.org/wiki/Masyarakat

www.lapan.go.id

www.google.com